10 legenda Hewan Yang Masih Menjadi Misteri

1. Ahool

Legenda Hewan Yang Masih Menjadi Misteri

Hewan ini berupa layaknya kelelawar, berkepala layaknya monyet, bermata besar dan hitam, serta tubuhnya berbulu abu-abu gelap. tubuhnya bisa sebesar anak berusia 1 tahun dengan bentangan sayap bisa meraih 10 kaki ( 3 mtr. ). hewan ini pertama kali dilihat oleh dr. ernest bartels pada 1925 saat tengah menyusuri gunung salak, jawa barat.

Waktu itu ernest tengah mejelajahi air terjun di lereng gunung itu, serta mendadak saja seekor kelelawar raksasa menukik diatas kepalanya. pada tahun 1927, lebih kurang jam 11 :30 malam, saat ernest bartels berbaring di area tidurnya dalam pondok dekat sungai tjidjengkol, jawa barat, dia mendengar nada aneh dari atas pondoknya. nada itu berbunyi “ahool … ahool …”. ernest mengambil obor serta memeriksa ke asal nada, serta lihat kelelawar raksasa yang dia tengok pada 1925. itu penyebab hewan ini dimaksud ahool.

2. Agogwe

Legenda Hewan Yang Masih Menjadi Misteri

Makhluk ini pertama kali diketahui keberadaannya pada lebih kurang 1900 oleh kapten william hitchens, tetapi baru disampaikan ke publik pada 1937. william mendapatkan makhluk ini di afrika timur. menurut dia, agogwe berupa layaknya manusia serta jalan dengan kaki, tetapi bertubuh kecil layaknya kurcaci, dan berbulu kemerahan di sekujur tubuhnya. 

William menyebut, agogwe yang ia tengok menyerupai seorang lelaki, tetapi cuma setinggi 4 kaki. pada 1938, seorang pria bernama cuthbert burgoyne juga lihat agogwe di afrika timur. ada teori yang mengatakan, bila agogwe barangkali terhitung spesies gracile australopithecine, di antara spesies primata yang dulu berdiam di afrika, tetapi sudah punah sejak beberapa ribu tahun lantas.

3. Srigala Andean

Legenda Hewan Yang Masih Menjadi Misteri

Hewan ini lalu jarang sekali bisa dilihat, tetapi diketahui sering berkeliaran di lebih kurang laut arktik serta di amerika utara. hewan ini unik, dikarenakan cuma type ini hanya satu dalam spesies anjing atau srigala yang tidak berbulu, hingga kulitnya licin. tetapi lucunya, di kepala serta ekor binatang ini justru tumbuh bulu berwarna kuning.

4. Kucing Rubah

Legenda Hewan Yang Masih Menjadi Misteri

Hewan ini ditemukan sekelompok ilmuan yang tergabung dalam World Wild Fund (WWF) pada 2003 saat tengah melakukan penelitian di kawasan Taman Nasional Kayan Mentarang, Kalimantan, namun baru dipublikasikan pada 2005. Hewan ini mirip rubah, tapi berkulit merah, dan berukuran lebih besar dari kucing.

Yang menarik, binatang ini juga memiliki sepasang kaki belakang yang lebih panjang dari kaki depannya, dan memiliki ekor berotot yang panjang. Begitu dipublikasikan, dunia langsung heboh dan media memberitakannya sebagai temuan terpenting dalam satu abad terakhir, karena temuan spesies baru yang terakhir terjadi pada 1895 ketika di belantara Kalimantan ilmuwan juga menemukan seekor karnivora jenis musang luwak yang diberi nama melogale everetti atau borneo ferret badger. 

5. Harimau Tasmania

Legenda Hewan Yang Masih Menjadi Misteri

Hewan bernama latin Thylacinus cynocephalus ini merupakan hewan marsupial karnivora modern terbesar yang pernah diketahui. Dianggap sebagai harimau, karena punggungnya bercorak belang seperti umumnya harimau. Namun ada pula yang menyebutnya srigala, karena bentuk kepalanya memang mirip srigala. Hewan yang hidup di benua Australia dan pulau Papua ini dinyatakan telah punah pada abad 20.

Di Australia, hewan ini punah ribuan tahun sebelum kedatangan bangsa Eropa ke benua kangguru itu, namun sempat bertahan di pulau Tasmania bersama sejumlah spesies endemik lainnya, termasuk setan Tasmania. Itu sebabanya di belakang namanya ada tambahan kata Tasmania. Fosil yang ditemukan dari spesies binatang ini mengindikasikan kalau dia hidup sekitar zaman Miosen. 

6. Tsuchinoko

Legenda Hewan Yang Masih Menjadi Misteri

Hewan ini dilaporkan tampak di sebagian tempat di jepang, jika hokkaido serta kepulauan ryukku. apalagi nama tsuchinoko datang dari bhs masyarakat tempat kansai yang meliputi kyoto, mie, nara, serta shikoku yang bermakna ‘hewan’. di tempat kanto, hewan ini dimaksud bachihebi. tsuchinoko berupa layaknya ular, tetapi berperut gendut layaknya botol atu pin boling, serta berekor kecil serupa ekor tikus. 

Tetapi sampai saat ini keberadaan hewan itu belum dulu dapat dibuktikan ( cryptid ), serta juga belum dulu sukses ditangkap. dianggap, ini berlangsung dikarenakan tak hanya yang melihatnya jadi takut, juga hewan ini segera melarikan diri apabila ada yang melihatnya. sebagian pemerintah tempat di jepang dulu mengiming-imingi duit sampai 100 juta yen untuk siapapun yang bisa menangkap hewan ini, tetapi tidak ada akhirnya.

7. Yeti

Legenda Hewan Yang Masih Menjadi Misteri

Serupa dengan Bigfoot, muncul di wilayah Himalaya. Bagi warga sekitar hutan di wilayah pegunungan itu, makhluk ini adalah penjaga hutan, dan tidak boleh diburu. Yeti atau Manusia Salju yang Menakutkan adalah sejenis primata besar yang menyerupai manusia yang menghuni wilayah pegunungan Himalaya di Nepal dan Tibet. Nama Yeti dan Meh-Teh umummnya digunakan secara luas oleh masyarakat di wilayah tersebut, dan dianggap sebagai kisah sejarah dan mitos yang masih misterius. Orang-orang Nepal juga menyebutnya bonmanche yang berarti manusia liar atau kanchanjuga rachyyas yang berarti iblis kanchanjunga. 

8. Mongolian Death Worm

Legenda Hewan Yang Masih Menjadi Misteri

Hewan ini hidup di Gurun Gobi, dan sangat ditakuti bangsa Mongolia. Meski termasuk jenis cacing, hewan ini bisa memiliki panjang hingga 1,2 meter, bertubuh seperti ular, gemuk, berwarna merah, dan mampu membunuh mangsanya, termasuk manusia, dengan cepat dan dari jarak jauh. Dalam legenda Mongol disebutkan, jika akan menyerang mangsanya, binatang ini akan mengangkat sebagian tubuhnya, dan kemudian membuka mulutnya lebar-lebar, dan menyemburkan racun mematikan yang membuat mangsanya tewas.

Setelah itu, sang mangsa dimakan. Bangsa Mongol menyebut hewan ini dengan allghoi khorkoi yang berarti cacing usus, karena jika dilihat sepintas, cacing raksasa ini memang seperti usus. Meski menamakan hewan ini dengan Mongolian Death Warm, para ilmuwan yakin, hewan ini bukan jenis cacing, karena cacing takkan tahan hidup di gurun yang panas, kering, dan tandus. Mereka yakin, hewan ini sejenis ular berbisa, namun hipotesa ini pun belum dapat dibuktikan keakuratannya. 

9. Ogopogo

Legenda Hewan Yang Masih Menjadi Misteri

Monster laut yang sama dengan nessie di danau loch ness. bedanya ogopogo ditemukan di danau okanagan, kanada. tema perbincangan mengenai eksistensi makhluk misterius ini telah terdengar sejak 1850, di mana pada awal tahun itu untuk pertamakalinya ogopogo memperlihatkan dirinya pada beberapa wisatawan serta masyarakat setempat. beberapa saksi mata yang melihatnya menuturkan, makhluk ini berperawakan besar, berwarna gelap serta mempunyai bentuk tubuh yang panjang. 

Dia nampak dari basic danau ke permukaan air, lantas berenang ke sedang. hewan ini nampak cukup lama, hingga yang melihatnya bisa mengamati sosok serta prilakunya, sebelum saat selanjutnya kembali menyelam ke basic danau. awal mulanya, mereka menduga yang mereka tengok yaitu ular, tetapi lantas mereka sadar, yang mereka tengok yaitu makhluk lain yang tidak sama, yang selanjutnya dimaksud ogopogo.

10. Mokele-Mbembe

Legenda Hewan Yang Masih Menjadi Misteri

Hewan ini ada dalam legenda masyarakat Kongo, Afrika, yang tinggal di sepanjang aliran sungai. Bahkan nama mokele-mbembe berasal dari bahasa Lingala, bahasa salah satu suku setempat, yang berarti “sesuatu yang menahan aliran sungai”. Sesuai namanya, hewan ini memang berdiam di sekitar sungai. Bahkan orang barat mengibaratkan hewan ini seperti monster yang hidup di Danau Loch Ness.

Mokele-mbembe bertubuh seperti gajah, namun berleher panjang. Ekor dan kepala makhluk ini kecil, dan tubuhnya berwarna coklat abu-abu, sehingga ada yang mendeskripsikannya mirip hewan sauropoda yang telah punah. Hewan ini memakan tanaman berukuran besar, dan menurut legenda, hewan ini biasanya mencari makanan di belokan sungai. Masyarakat Desa Boha, salah satu desa di Kongo, menganggap makhluk ini sebagai mahkluk tak berwujud, meski meyakini keberadaannya.

0 komentar:

Posting Komentar